Tips Untuk Bisnis Budidaya Perikanan

peluang usaha

peluang usahaPeluang Usaha dari budidaya perikanan sangatlah diminati oleh masyarakat Indonesia dikarenakan, modal yang tidak banyak, namun dapat meraih omset yang sangat menggiurkan. Memang benar modal dari bisnis perikanan tidaklah banyak. Hanya modal lahan, benih, keuletan, ketrampilan dan sedikit keberuntungan, maka tidak heran kalau banyak sekali pemuda yang berminat untuk melakukan bisnis dibidang ini. Sebenarnya bisnis perikanan itu gampang-gampang susah, dan memerlukan sedikit keberuntungan. Anda perlu keuletan, dan pengetahuan dibidang perikanan. Perawatan dari ikan sangatlah penting, untuk memastikan ikan selalu dalam kondisi sehat dan gemuk-gemuk. Jika Anda menginginkan hasil yang maksimal, maka Anda perlu memberikan perawatan dan pemeliharaan yang terbaik untuk bisnis budidaya Anda. Berikut tips yang bisa Anda lakukan dalam melakukan budidaya perikanan.

Apa Saja Tips Dan Trik Untuk Budidaya Perikanan?

Pemilihan kolam yang tepat sangatlah penting untuk kesehatan ikan. Jangan membuat kolam yang terlalu sempit. Kolam yang besar akan menampung lebih banyak ikan, namun perlu modal yang cukup besar juga. Jika Anda memiliki lahan sempit, Anda bisa mencoba kolam terpal yang bisa menghemat lahan Anda. Lalu, perawatan adalah hal paling penting dalam bisnis budidaya perikanan. Selalu berikan pakan yang cukup, jangan kurang dan jangan berlebih. Berikan juga obat untuk mencegah jamur atau penyakit pada ikan. Bersihkan kolam secara berkala untuk mencegah tumbuhnya jamur. Jamur dapat tumbuh pada kulit ikan bila kondisi kolam kotor. Jamur adalah parasit yang menghilangkan lapisan lendir pada ikan, merusak kulit ikan, mengganggu kesehatan ikan dan pastinya menurunkan nilai jual ikan. Jamur adalah musuh nomor satu untuk budidaya perikanan, karena itulah kebersihan kolam harus menjadi prioritas pembudidaya.

Setelah melakukan perawatan, waktunya panen. Tapi setelah panen, apa yang akan Anda lakukan dengan ikan yang banyak itu? apakah akan Anda jual ke pasar? Menjual ke pasar artinya akan mendapat harga pasaran, bahkan bisa kurang dari harga pasar. Jika Anda ingin mendapatkan laba lebih, sebelum panen, carilah rekan bisnis Anda seperti restoran, hotel atau warung makan. Menjual kepada rekan bisnis lebih menjanjikan daripada menjual ke pasaran. Cobalah untuk mencari di beberapa restoran-restoran, dan jadilah penyuplai ikan-ikan mereka.

Related posts: