Tips Mengatasi Mata Merah

tips kesehatan

tips kesehatanGangguan yang sering dialami pada mata adalah mata merah. Hal ini terjadi karena adanya peradangan pada selaput-selaput yang menutupi bagian putih pada mata dan selaput-selaput pada bagian dalam pada kelopak mata. Selain karena peradangan, mata merah juga dapat disebabkan oleh virus yang sifatnya dapat menular dan faktor lainnya. Nah, bagi Anda yang mengalami mata merah dikarenakan benda-benda asing dapat dihilangkan dengan cara yang cepat dan mudah. Yuk, simak ulasan dibawah ini mengenai tips mengatasi mata merah.

Tips Mengatasi Mata Merah

 

Beberapa gejala yang sering dialami jika mata merah dan pastinya akan mengganggu aktivitas Anda adalah rasa gatal, gangguan penglihatan, mata terasa perih dan rasa yang tidak nyaman. Maka penting untuk mengatasi mata merah sehingga keadaan mata tidak semakin memburuk. Hal-hal yang perlu Anda lakukan adalah yang pertama jangan menggosok mata. Meskipun Anda tidak tahan dengan rasa gatal pada mata jangan sekali-kali menggosoknya karena jika Anda menggosok mata maka akan memperparah iritasi dan meningkatkan alergen yang masuk ke dalam mata. Hal ini terjadi karena tangan Anda mungkin terdapat banyak kuman. Kedua untuk meredakan mata merah Anda dapat menggunakan mentimun. Caranya letakkan irisan mentimun pada kedua mata dalam keadaan tertutup. Mentimun akan memberikan rasa sejuk dan kenyamanan pada mata Anda yang memerah. Ketiga gunakan air hangat untuk membasuh kelopak mata Anda. Pastikan air hangat tersebut tidak terlalu panas karena air panas akan membuat iritasi semakin parah. Basuhlah dalam keadaan terpejam menggunakan air hangat yang kiranya tidak terlalu panas. Selain air hangat Anda juga dapat menggunakan air rebusan sirih untuk mencuci mata merah. Hal ini dianjurkan karena sirih mengandung antiseptik. Caranya rebuslah daun sirih secukupnya atau 4 lembar, biarkan air rebusan tersebut mendingin kemudian cuci mata Anda.

Demikian ulasan singkat mengenai tips mengatasi mata merah secara baik dan benar. Mengistirahatkan mata setelah melakukan perawatan pada mata merah agar normal kembali juga sangat diperlukan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Related posts: