Tips Alami untuk Menghilangkan Bekas Akibat Luka Bakar

Bekas akibat luka bakar dapat mengurangi penampilan seseorang dan mengurangi rasa percaya diri jika bekas luka tersebut menempel pada bagian tubuh yang terlihat. Luka bakar dapat terlihat menghitam selama beberapa tahun jika tidak diobati dengan sesegera mungkin. Mereka yang memiliki luka bakar biasanya menggunakan obat-obatan kimia agar bekas luka bakar tersebut dapat hilang dengan segera. Selain menggunakan obat kimia, ada banyak bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan bekas akibat luka bakar tersebut. Salah satu bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas akibat luka bakar adalah lidah buaya. Lidah buaya yang mengandung emolien dapat memperbaiki kulit yang rusak dan dapat membantu pembentukan sel kulit yang baru.

Tidak hanya lidah buaya, kulit yang terbakar dapat dihilangkan dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa merupakan bahan alami yang efektif menghilangkan bekas akibat luka bakar. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan vitamin E yang terdapat di dalam minyak kelapa. Tidak hanya mengandung vitamin E, minyak kelapa juga mengandung kaprik, kaprilat dan laurat yang bermanfaat untuk memperbaiki kulit yang rusak. Cara memanfaatkan minyak kelapa cukup mudah, berikut ulasan mengenai penggunakan minyak kelapa pada kulit yang terbakar:

  • Sebelum memanfaatkn minyak kelapa tersebut, minyak kelapa harus dipanaskan terlebih dahulu. Pemanasan minyak kelapa bertujuan agar tekstur minyak terasa lebih encer.
  • Setelah dipanaskan, tuang minyak kelapa pada telapak tangan dan balurkan minyak kelapa tersebut pada bagian kulit yang terdapat bekas luka bakar.
  • Diamkan minyak kelapa meresap selama 10 menit dan lakukan pengolesan selama 2 hingga 4 kali selama sehari.

Selain menggunakan minyak kelapa, bekas luka bakar juga dapat dihilangkan dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun tidak hanya efektif dalam memperbaiki kulit yang rusak tetapi juga dapat membuat kulit terasa lebih lembut dan lembab. Untuk memanfaatkan minyak zaitun tersebut, minyak harus dipanaskan terlebih dahulu. Setelah dipanaskan, minyak zaitun dapat dioleskan pada bagian kulit yang menderita bekas luka bakar. Bekas luka bakar dapat hilang dengan segera jika pengolesan minyak zaitun dilakukan secara rutin.