Pengertian Dan Definisi Plagiat

Di dalam kehidupan sehari-hari baik di dalam komunikasi atau Bahasa tertulis kata plagiat sudah tidak asing lagi untuk didengar. Sebenarnya, apakah Anda mengetahui pengertian dan definisi dari kata plagiat tersebut? Plagiat merupakan istilah kata yang digunakan sebagai sebutan atas perbuatan baik sengaja atau pun tidak sengaja dalam memperoleh apresiasi untuk sebuah karya ilmiah dengan mengutip sebagian atau pun seluruh dari bagian karya ilmiah tersebut. Sedangkan menurut kamus besar Bahasa Indonesia, plagiat merupakan penjiplakan yang melanggar hak cipta dari setiap individu untuk kepentingan pribadi. Bukan hanya sebatas karya ilmiah saja, plagiat mencakup beberapa hal yang lebih luas seperti mengakui gagasan atas pemikiran orang lain sebagai hasil pemikiran pribadi dan lain sebagainya.

Apa Saja Ciri-Ciri Bentuk Plagiat?

Dengan menengok pengertian dan definisi dari kata plagiat di atas. Untuk memudahkan Anda dalam mengenali bentuk-bentuk plagiat yang dilakukan oleh sebagian besar orang dengan mengenali ciri-ciri dari aktivitas plagiat tersebut seperti mengakui tulisan orang lain sebagai hasil tulisan pribadi, gagasan atas pemikiran orang lain diakui sebagai pemikiran sendiri, mengakui temuan orang lain sebagai milik pribadi, menyajikan sebuah tulisan yang sama di dalam waktu dan tempat yang berbeda tanpa mencantumkan sumber tulisan tersebut. beberapa sikap yang dianggap sebagai plagiat adalah menggunakan karya tulisan orang lain tanpa mengubahnya sedikit pun atau dengan kata lain karya tulis yang masih mentah dan juga mengambil gagasan atas pemikiran orang lain tanpa memberikan notasi yang jelas dengan sumber yang pasti namun berbeda apabila tujuannya untuk memberikan informasi kepada masyarakat secara luas.

Itulah makna dari kata plagiat yang mungkin kerap kali Anda dengar dan banyak dijadikan sebagai kosa kata dalam berbicara sehari-hari. Temukan berbagai pengertian dan definisi kata secara mudah melalui situs arti kata yang terdapat di dalam jaringan internet yang pastinya memiliki sumber yang valid. Semakin banyak pengetahuan mengenai kosa kata dalam berbahasa maka akan memudahkan Anda dalam melakukan kegiatan sehari-hari.