Penerapan Penanaman Akhlak Dengan Nilai-Nilai Al Qur’an

tips kesehatan

tips kesehatanBagi umat Islam, membaca Al Qur’an merupakan suatu pedoman hidup. Baik dalam beribadah, bermasyarakat, bahkan adab-adab pun dijelaskan secara tersurat di dalam Al Qur’an. Pembiasaan membaca Al Qur’an alangkah lebih baik ketika dilakukan mulai dari lingkup keluarga. Sebagai orang tua membiasakan anak untuk berperilaku baik sangat membantu perkembangan anak serta baik sebagai teladan untuk anak. Sebagaimana Anda ketahui bahwa keluarga terutama ibu merupakan madrasah pertama bagi anak. Oleh karena itu, pembiasaan terutama dalam menerapkan nilai-nilai Al Qur’an sangat ditekankan. Pembiasaan menggunakan metode teladan bisa dijadikan referensi yang baik untuk memberikan pembiasaan qur’ani pada anak sejak dini.

Cara Penerapan Penanaman Akhlak Dengan Nilai-Nilai Al Qur’an

sebagai orang tua tentunya menyiapkan masa depan anak menjadi poin utama yang utamakan. Masa depan anak tidak hanya dari segi prestasi akademik, jaminan kesehatan anak, serta terpenuhinya kebutuhan anak. Akan tetapi, yang perlu diperhatikan adalah menerapkan akhlak anak untuk masa depan yang penuh dengan tantangan. Kesehatan akhlak serta perilaku perlu dibiasakan mulai dari lingkup keluarga agar dapat mendarah daging kedepannya. Semakin luas pergaulan anak, maka semakin kaya pengetahuan anak dalam bergaul maupun dalam berpikir.  Jika tidak ada banteng kokoh yang dibentuk oleh orang tua sejak dini, maka anak akan mudah terseret dalam arus negatif.

Penerapan penanaman akhlak anak dengan menggunakan nilai-nilai Al Qur’an dapat dimulai dengan memberi contoh. Misalnya, orang tua memberi contoh sholat tepat waktu, kemudian selalu mengucapkan maaf, tolong dan terima kasih. Selain itu, dalam segala kondisi anak dilatih untuk selalu bersabar sehingga dalam menyikapi segala sesuatu dapat berjalan dengan lancar dan bijaksana dalam menyikapi sesuatu. Setelah beberapa pembiasaan di atas sudah diterapkan anak secara kontinyu, Anda dapat menambah dengan membiasakan membaca Al Qur’an setiap hari, walaupun hanya beberapa ayat, tetapi Istiqomah menjadi hal yang dipentingkan. Dengan begitu, akhlak anak akan terbentuk sedikit demi sedikit dan semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Related posts: