Menjaga Kesehatan Di Musim Pancaroba

tips kesehatan

tips kesehatanDi musim panca roba, cuaca sangat tidak menentu. Kadang hujan dingin, terkadang panas menyengat. Udara pun terasa tidak enak di badan. Pergantian musim ditandai dengan meningkatnya frekuensi hujan badai yang disertai guruh serta angin kencang. Dalam keadaan ini tingkat orang-orang yang menderita sakit saluran pernapasan atas seperti pilek dan batuk menjadi sangat banyak. Baik anak-anak maupun dewasa yang daya tahan tubuhnya kurang akan cepat tertular penyakit ini. Penyebarannya pun sangat cepat, berpindah dari satu tubuh ke tubuh lain. Terserang pilek dan batuk disaat cuaca sedang tidak menentu dan udara yang penuh debu membuat badan terasa ngilu dan kepala sakit berdenyut. Kalau sudah begini sebaiknya langsung berobat ke dokter, jangan konsumsi obat warungan karena tidak akan mempan.

Untuk itulah, ketika sudah masuk musim pancaroba, sebaiknya mulai mempersiapkan perbekalan vitamin untuk menjaga stamina tetap sehat dan fit. Selain itu, tetap menjaga konsumsi makanan sehat, perbanyak buah-buahan, dan minum air putih sebanyak kemampuan dengan harapan tubuh akan terus terjaga dari radikal bebas yang kemungkinan masuk bersama virus dan bakteri. Terlebih bagi anak-anak, virus sangat cepat masuk ke tubuh mereka yang sangat rentan terhadap penyakit. Sebelum mulai terserang penyakit, ada baiknya anak cepat diberikan multivitamin yang akan melindungi mereka dari serangan virus. Selain itu anak-anak diberikan makanan dan camilan sehat agar staminanya tetap terjaga.

Sebenarnya vitamin bukanlah penangkal virus, namun dengan mengonsumsi vitamin secara rutin maka sistem imun dalam tubuh akan bekerja dengan baik. Vitamin akan menstabilkan metabolisme tubuh agar tetap bekerja sesuai dengan fungsinya. Vitamin memberikan nutrisi tambahan bagi tubuh selain dari makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari. Dengan adanya tambahan vitamin, tubuh akan semakin dilengkapi dengan tambahan asupan energi dan daya tahan tubuh hingga maksimal. Sekali lagi, jangan pernah remehkan cuaca alam meskipun tubuh sedang dalam keadaan sehat. Bisa jadi ketika pagi hari badan masih terasa enak dan sehat, tapi kemudian menjelang sore tiba-tiba kepala pusing dan badan nyeri.

Related posts: