Menjaga Kesehatan Di Musim Kemarau

tips kesehatan

tips kesehatanHampir semua orang menantikan musim kemarau. Sebab dengan datangnya musim kemarau mereka dapat melakukan berbagai aktivitas di luar ruangan. Apalagi yang memiliki hobi travelling tentu dengan datangnya musim panas adalah hal yang ditunggu-tunggu. Namun akan menjadi masalah jika Anda tiba-tiba jatuh sakit tentu akan merugikan karena Anda tidak dapat melakukan aktivitas padahal cuaca sangat cerah. Tidak hanya musim penghujan saja yang dapat menimbulkan berbagai penyakit, Musim panas juga banyak mendatangkan penyakit jika Anda tidak menjaga kesehatan Anda. Sebab banyak juga kuman dan bakteri yang justru berkembang biak pada musim kemarau dan penyebarannya melalui udara.

Tetap Sehat Di Musim Panas

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar tubuh Anda tetap sehat dan bugar meskipun hari menjadi sangat panas dan berkeringat. Yang pertama adalah banyak mengonsumsi air putih untuk mengganti cairan tubuh yang menguap melalui keringat. Tidur yang cukup memang menjadi alasan bagi tubuh untuk tetap sehat dan bugar apapun musimnya begitu juga dengan mengonsumsi makanan yang bergizi baik itu sayuran atau buah-buahan. Sebisa mungkin untuk menghindari sinar matahari secara langsung hal ini dikarenakan sinar matahari dapat merusak kulit dan sinar UV sangat tidak baik bagi kesehatan Anda. Karena itulah ada baiknya jika Anda menggunakan pelindung wajah dan kepala kalau perlu menggunakan krim pelindung matahari.

Biasakan untuk mandi dengan air dingin karena air dingin dapat mengusir kuman dan juga racun dari dalam tubuh. Jika mata Anda kemasukan debu hindari untuk menggosoknya dengan tangan Anda karena besar kemungkinan tangan Anda kotor yang justru akan membuat mata Anda menjadi sakit. Jika sinar mataharinya terlalu terik ada baiknya Anda untuk tetap berada di daerah yang teduh sebab sinar yang terlalu terik dapat menyebabkan stroke dan banyak minum air agar terhindar dari dehidrasi. Gunakan pakaian yang berbahan katun agar dapat menyerap keringat agar bakteri tidak bersarang di kulit Anda. Sebab bakteri dapat menyebabkan biang keringat bahkan iritasi kulit.

Related posts: