Mengenali Gejala Kanker Leher Rahim

Bagi seorang wanita, anda harus memeriksakan diri sejak dini mengenai gejala kanker leher rahim. Kanker leher rahim merupakan penyakit berbahaya yaitu tumor ganas. Padahal leher rahim sendiri merupakan organ yang mempunyai peranan penting pada masa kehamilan. Kanker leher rahim atau kanker serviks merupakan tumor ganas yang tumbuhnya di dalam serviks atau leher rahim. Kanker ini umumnya menyerang wanita berusia 35-55 tahun. Kanker ini akan tumbuh jika sel-sel serviks yang ada tumbuh tidak normal serta tidak terkendali.  Artikel infokesehatan ini wajib Anda baca jika Anda ingin mengetahui mengenai gejala dari penyakit ini.

Tentang Kanker Leher Rahim

Bagi anda seorang wanita maka sangat penting untuk mengetahui infokesehatan mengenai kanker leher rahim. Kanker leher rahim disebabkan oleh HPV (Human Papilloma Virus), HPV juga merupakan virus yang dapat menyebabkan penyakit kutil kelamin atau kondilloma akuminata, virus ini ditularkan melalui hubungan seksual. Selain karena virus,. kanker serviks juga dapat dipengaruhi karena penderita merupakan perokok, karena tembakau yang ada di rokok dapat merusak sistem kekebalan serta mempengaruhi kemampuan tubuh dalam melawan virus HPV di serviks. Kemudian hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan juga dapat menjadi penyebab terjadinya kanker leher rahim. Penggunaan DES atau dietilstilbestrol untuk pencegahan keguguran juga dapat memicu adanya kanker serviks. Pemicu kanker serviks yang lainnya adalah pemakaian pil KB atau kontrasepsi, gangguan sistem kekebalan dan infeksi herpes genitalis.

Mengenai gejala yang muncul pada kanker ini yaitu terjadi perdarahan tidak normal di vagina, perdarahan tersebut terjadi di antara 2 (dua) menstruasi. Kemudian terjadi perdarahan setelah selesai melakukan hubungan seksual serta terjadi perdarahan di waktu menopause. Pada wanita yang mempunyai gejala kanker serviks juga mengalami menstruasi tidak normal yaitu mengeluarkan darah lebih banyak serta waktu yang lebih lama. Kemudian terjadi keputihan yang tetap yaitu mengeluarkan cairan encer berwarna coklat atau pink, cairan tersebut juga mengandung darah serta berbau busuk. Demikian infokesehatan tentang kanker leher rahim, semoga bermanfaat.