Mengenal Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini

Memiliki seorang anak merupakan anugerah terindah bagi seorang Ibu. Oleh karena itu, tidak heran jika semua Ibu pasti akan merasa sangat bahagia setelah pertama kalinya melihat bayi yang dikandungnya terlahir ke dunia. Setelah lahir ke dunia, maka tahap perkembangan anak akan segera dimulai. Ibu merupakan sosok yang sangat penting dalam menemani perkembangan sang buah hati. Oleh karena itu, seorang Ibu yang baik harus mengenal berbagai tahapan perkembangan anak sehingga bisa menjaga dan mengawasi perkembangan buah hatinya dengan baik.

Secara Umum, Perkembangan Bahasa Anak Dibagi Menjadi 2 Tahap, Yaitu:

  • Tahap Pralinguistik

Tahap ini berlangsung pada saat si keci masih berada pada fase. Pada fase ini, si kecil hanya dapat melakukan komunikasi dengan orang-orang di sekitarnya dengan cara tersenyum, tertawa, menangis, menjerit, dan sejenisnya.

  • Tahap Linguistik

Pada tahap ini, si kecil mulai belajar bicara. Anak sudah mulai mengucapkan beberapa kata-kata meskipun tidak terdengar terlalu jelas. Selain itu, anak juga sudah bisa mengucapkan beberapa kata dan merangkainya menjadi sebuah kalimat.

Tahap Perkembangan Bahasa Anak Usia 0-3 Tahun

  • 0-12 Bulan

si kecil sudah memiliki kemampuan untuk merespons suara dan menunjukkan ketertarikan atau ketidak tertarikan pada sesuatu. Pada usia 10-16 bulan, si kecil juga sudah bisa mengucapkan beberapa kata meskipun terdengar seperti mengoceh. Umumnya, kata pertama yang bisa mereka ucapkan adalah panggilan untuk orang-orang di sekitarnya seperti ibu dan ayah.

  • 1-2 Tahun

Pada usia 1-2 tahun, tahap perkembangan anak sudah semakin meningkat Pada usia ini, anak sudah mulai memproduksi dan memahami berbagai kata yang sering diucapkan oleh orang-orang di sekitarnya. Usia 19-20 bulan merupakan usia dimana si kecil mengalami perkembangan bahasa dengan sangat pesat. Pada masa ini, anak bisa mempelajari sembilan kata per hari.

  • 2-3 Tahun

Pada usia 3-4 tahun, si kecil sudah bisa memahami percakapan yang familiar di lingkungan keluarganya. Oleh karena itu, si kecil sudah bisa menjawab berbagai pertanyaan yang dilontarkan kepadanya.

Demikian informasi mengenai tahap perkembangan bahasa anak pada usia 0-3 tahun. Mengamati tahap perkembangan anak merupakan hal yang sangat penting. Jika putra-putri Anda dicurigai mengalami keterlambatan berbicara, segera lakukan konsultasi dengan dokter. Hal ini bertujuan untuk menghindari beberapa kemungkinan gangguan yang ditandai dengan keterlambatan bicara si kecil, seperti keterbelakangan mental, gangguan pendengaran, autisme, bilingual, dll.

Related posts: