Mengenal Penyakit Retina Degenerasi Makula/Kemunduran

Dokter Retina

Dokter RetinaBeberapa penyebab penyakit retina akhir-akhir ini sudah banyak dipecahkan dan ditemukan solusinya. Pasalnya penyakit pada retina yang beraneka macam jenisnya dikatakan serius karena beberapa diantaranya berisiko pada kebutaan total. Salah satu jenis penyakit pada retina ada yang disebut Kemunduran/Degenerasi Makula.

Definisi Dan Macam-Macam Degenerasi Makula

Degenerasi Makula ialah jenis penyakit retina yang mana pada bagian makula terjadi kemunduran akibatnya terjadi penurunan fokus ketajaman penglihatan dan memungkinkan terjadinya fungsi penglihatan sentral.  Makula adalah bagian dari retina yang merupakan pusat bagian yang paling esensial. Fungsi macula yaitu untuk melihat detail-detail halus pada pusat lapang pandang.

Macam-macam Degenerasi Makula, ada 2 macam degenerasi makula:

  1. Degenerasi makula atrofik (kering): adanya endapan pigmen pada makula tanpa disertai adanya pembentukan jaringan parut, darah atau perembesan cairan lainnya.

 

  1. Degenerasi makula eksudatif (basah): adanya perembesan cairan yang membentuk endapan yang dikelilingi oleh daerah perdarahan yang kecil. Endapan ini akan mengakibatkan pengerutan dan meninggalkan jaringan parut.

 

Penyebab degenerasi ini adalah adanya kerusakan pada epitel pigmen retina.
kemudian yang terjadi adalah adanya kerusakan pigmen retina mempengaruhi metabolisme pada retina, dimana Fungsi dari epitel pigmen retina adalah penyaring dari zat gizi dari koroid hingga sampai ke retina.  Biasanya Degenerasi makula terjadi pada lanjut usia dan pada cenderung ditemukan pada orang kulit putih dan pada perokok. Gejala yang terjadi adalah tiba-tiba yaitu dengan perlahan penglihatan mulai hilang dan tidak disertai rasa nyeri. Terkadang pada awalnya timbul gejala berupa hambatan penglihatan di salah satu mata, yang dimana garis yang seharusnya terlihat lurus menjadi terlihat bergelombang. Degenerasi makula juga menyebabkan kerusakan penglihatan yang cukup berat yaitu menurunkan penglihatan pada saat beraktivitas seperti membaca, melihat, mengemudi yang akibatnya menjadi fatal. Namun penyakit ini tidak berisiko atau bahkan jarang ditemukan menyebabkan kebutaan total. Pengobatan yang biasanya dilakukan adalah dengan fotokoagulasi laser dengan menghancurkan pembuluh darah baru yang abnormal. Jika ditemukan adanya pertumbuhan dilakukan untuk menghancurkannya. Alternatif yang lain adalah Pemberian seng (Zn) dipercaya mampu memperlambat perkembangan penyakit. Pencegahan yang dapat dilakukan adalah segera menghentikan aktivitas merokok bagi Anda ataupun keluarga Anda, agar tidak terjadi penyakit retina degenerasi macula.

Related posts: