Mengenal Kampung Kurma Jasinga

kampung kurma jasinga

kampung kurma jasingaJasinga merupakan nama daerah tertua di wilayah Bogor selain Ciaruteun, dan Argapura atau sering disebut dengan Rengganis. Berlalunya waktu Jasinga sekarang menjadi pusat di wilayah Bogor. Dulunya Jasinga terkenal sebagai Bogor-Baten karena wilayah tersebut berbatasan langsung dengan Banten. Jasinga jika ditinjau dari budayanya mirip dengan Banten dari segi dialek dan perilakunya. Sekarang Jasinga sudah termasuk wilayah Kabupaten Bogor. Dan sekarang Jasinga merupakan kampung kurma jasinga. Asal usul kampung jasinga mempunyai banyak versi seperti: Mitos seekor Singa yang melegenda di daerah Jasinga. Ajaran Sanghyang Sunda ialah Gajah Lumejang dan Singa Bapang yang dijadikan satu menjadi Jasinga. Pembukaan lahan oleh Wirasinga yang kemudian lahan itu diberi nama Jasinga. Jayasingharwarman (358-382 M) Raja Tarumanagara I yang mendirikan Ibukota dengan nama Jayasinghapura.

Kampung Kurma Jasinga

Di dalam kitab Aboga tertulis tujuh ajaran Sanghyang Sunda yang diperkirakan dibuat pada masa kejayaan Kerajaan Pajajaran, namun, kitab tersebut sudah dibawa ke Leiden pada abad 19. Secara etimologi atau hermeneutika Jasinga mempunyai arti dan makna. Jasinga sendiri merupakan cerita rakyat yang melegenda di daerah Jasinga Bogor yang sampai sekarang masih dipercayai oleh masyarakatnya. Adanya sosok Singa yang menjadi mitos yang menjadi kewibawaan untuk para pendahulu Jasinga. Kalau ditinjau dari segi autentik menunjukkan naskah kuno yang terdapat di Jayasinghapura yang mempunyai arti sebagai gerbang kemenangan yang didirikan oleh Raja Taruma I. Namun sekarang Jasinga sudah terkenal sebagai kampung kurma jasinga. Di kampung Jasinga masih diyakini masih ada Singa untuk menjaga wilayah tersebut namun, dalam bentuk gaib. Seperti yang kita ketahui di daerah pulau Jawa tidak ada habitat singa bahkan di Bogor.

Tapi jika diteliti lagi ada tumbuhan yang namanya terdapat nama Singa seperti tanaman Singadepa. Singadepa merupakan tumbuhan yang mudah dijumpai di hutan-hutan. Manfaat dari daun Singadepa ini untuk memandikan bayi yang baru saja lahir, pengharum badan, dan pencuci darah. Tumbuhan Singadepa hidup diĀ  daerah lembap yang tertutup oleh pohon yang tingi-tingi. Itulah tentang asal usul kampung kurma jasinga semoga bermanfaat.

Related posts: