Mengenal Aneka Jenis Kain Katun

Kita mengenal bahwa ada banyak jenis bahan dari kain kaos dimana sudah beredar pada pasaran. Masing-masing jenis bahan atau kain kaos tersebut dapat digunakan dengan sesuai untuk keperluan masing-masing. Dan secara umum, terbilang bahan kain untuk kaos yang sering digunakan oleh pabrik konveksi pakaian terdiri dari dua jenis, yaitu bahan kain untuk kaos organik serta bahan kain untuk kaos sintesis. Dimana bahan kain untuk kaos organik berupa bahan untuk kaos yang memiliki kandungan utama berasal dari alam. Biasanya, bahan utama kain kaos organik adalah berasal dari kapas yang kemudian diolah menjadi katun. Sedangkan bahan kain kaos sintesis dibuat dari campuran kimiawi yang diproses sedemikian rupa hingga menghasilkan bahan kain kaos yang layak dipakai oleh konsumen.

Inilah Jenis Kain Katun Yang Sering Digunakan Oleh Konveksi Pakaian

  • Katun Combed

Bahan ini dibuat dari serat kapas alami murni 100%. Oleh karena itu, kain ini memiliki kualitas yang sangat baik, yaitu halus, dingin, nyaman, dan mampu menyerap keringat.

  • Katun Carded

Sama halnya dengan kain katun Combed, katun Carded juga dibuat dari serat kapas alami murni 100%. Perbedaannya terletak pada proses produksinya, dimana kain Katun Carded tidak melalui proses combing. Oleh karena itu, kain katun Carded memiliki serat benang yang tidak lebih halus dari Katun Combed.

·         Katun Viscose atau Cotton Viscose (CVC)

Katun Viscose atau CVC adalah merupakan bahan campuran antara 55% kain katun dan 45% kain sintesis polyester. Kain jenis ini memiliki beberapa kelebihan. Salah satunya adalah bahan ini memiliki tingkat shrinkage (susut pola) yang lebih kecil dari bahan katun. Selain itu, kain ini juga memiliki kemampuan untuk menyerap keringat yang cukup baik.

·         Katun Pique

Kain Katun Pique menjadi jenis kain yang sering digunakan oleh konveksi pakaian untuk membuat kaos. Kain ini memiliki ciri khas yaitu berupa kain yang memiliki pori-pori. Oleh karena itu, katun Pique menjadi pilihan terbaik untuk membuat kaos polo.

Demikian beberapa jenis kain katun yang biasa digunakan oleh pabrik konveksi pakaian untuk membuat kaos. Masing-masing kain katun tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sehingga dapat digunakan untuk membuat jenis kaos tertentu sesuai dengan sifat yang dimiliki oleh kain tersebut.