Mengatasi Masalah Keputihan

tips kesehatan

tips kesehatanKesehatan memang sesuatu yang patut kita jaga salah satunya yaitu mengenai kesehatan reproduksi wanita. Organ reproduksi yang sehat tentu saja akan menghindarkan kita dari berbagai macam penyakit yang menyerang organ kewanitaan. Salah satu tanda sehat atau tidaknya organ reproduksi kita dapat dilihat dari jenis keputihan yang kita alami. Keputihan sendiri merupakan hal yang wajar dan hampir dialami oleh semua wanita. Keputihan ini biasanya dialami pada masa sebelum atau sesudah menstruasi. Keputihan biasanya berwarna putih, dan berbentuk lengket namun pada beberapa kasus ada keputihan yang berwarna hijau kekuningan dan memiliki bau yang tidak sedap. Jika keputihan Anda sudah mengeluarkan aroma yang tidak sedap Anda harus mewaspadainya karena itu menandakan kesehatan reproduksi Anda yang sedang kurang baik.

Tangani Masalah Keputihan Sebelum Terlambat

Dengan adanya berbagai macam jenis keputihan yang dialami oleh wanita maka terdapat perbedaan pula dalam cara menanganinya. Adapun cara yang dapat kita lakukan untuk mengobati keputihan seperti menjaga kebersihan pakaian dalam Anda. untuk pakaian dalam sebaiknya pilih yang menggunakan bahan katun. Katun mempunyai fungsi menyerap cairan sehingga dengan menggunakan pakaian dalam berbahan katun dapat membuat area kewanitaan Anda tetap lembab dan kering. Cara lain yang perlu di perhatikan adalah gunakan pakaian luar yang longgar dan hindari celana berbahan ketat. Bagi Anda yang menggunakan cairan pembersih kewanitaan sebaiknya pada saat keputihan hentikan pemakaiannya. Kandungan pada pembersih wanita dapat merusak pH murni pada vagina yang berakibat pada matinya bakteri baik. Bukannya keputihan akan berhenti namun yang terjadi justru sebaliknya. Pada saat mengalami keputihan sebaiknya hindari mengonsumsi gorengan. Makanan yang di goreng biasanya mengandung lemak hal ini berpengaruh pada keseimbangan hormon dalam tubuh yang berakibat pada keputihan yang semakin parah. Hal terakhir yang perlu di perhatikan adalah pada saat mencuci vagina dengan gerakan mencuci dari depan ke belakang , bukan sebaliknya karena dapat membuat kotoran masuk kedalam vagina dan berpengaruh pada pH.

Itulah beberapa tips mengenai mengobati maslah keputihan. Semoga membantu Anda yang sedang mengalami masalah ini dan semoga bermanfaat.

Related posts: