Menaikkan Jumlah Darah Dengan Cara Sehat

tips kesehatan

tips kesehatanSelalu merasa cepat lelah dan lesu ketika melakukan aktivitas sehari-hari selain itu akan terasa lebih sering pusing dan mata menjadi berkunang-kunang bahkan terkadang Anda hingga pingsan. Bisa jadi Anda sedang mengalami anemia atau kekurangan darah dalam tubuh. Kekurangan darah disebabkan oleh sel darah merah yang membawa oksigen dan nutrisi jumlahnya di bawah rata-rata kebutuhan tubuh. Jika hal ini terjadi tentu akan membahayakan kesehatan hingga jiwa Anda. Sebab dengan kekurangan darah maka Anda akan kehilangan keseimbangan yang membuat Anda jatuh di mana saja ketika darah sehat tersebut tidak mencapai otak.

Penyebab Dan Cara Menanggulangi Anemia Dengan Cara Sehat

Penyebab anemia bisa bermacam-macam yang tentunya berhubungan dengan gangguan kesehatan lainnya seperti TBC, malaria, cacingan, paru-paru dan kekurangan zat besi, terjadinya perdarahan usus, malnutrisi dan lain sebagainya. Selain itu bisa juga karena tubuh tidak dapat menyerap zat besi dengan sempurna hal ini bisa dikarenakan faktor genetik. Namun bagi Anda yang memang kekurangan darah alias darah rendah alias anemia maka Anda bisa menanggulanginya dengan cara mengonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi seperti sayuran hijau, mengonsumsi daging sapi karena mengandung protein dan zat besi tinggi. Sehingga mampu membantu meningkatkan jumlah sel darah merah yang sehat. Kuning telur juga dapat meningkatkan jumlah sel darah merah yang sehat dalam tubuh.

Mengonsumsi ikan salmon atau ikan tuna juga sangat bagus sebagai penambah darah dan meningkatkan kinerja otak. Kacang-kacangan terutama kacang Almond juga baik untuk menambah darah. Daun singkong mengandung banyak vitamin dan nutrisi lainnya terutama daun yang masih muda sangat baik untuk menambah darah. Seperti vitamin B1, C, kalsium, Lemak, fosfor, protein dan yang lainnya. Mengonsumsi jagung rebus sebagai camilan juga dapat membantu Anda dalam meningkatkan jumlah sel darah merah. Karena jagung mengandung tembaga dan zat besi yang cukup tinggi dan juga sebagai sumber vitamin A dan vitamin C. Kemudian anggur yang diolah menjadi kismis juga mengandung zat besi yang cukup tinggi dan kismis bersifat basa yang mampu mengatasi dan menetralisir keasaman tubuh.

Related posts: