Mempersiapkan Media Budidaya Cabe Rawit

budidaya cabe

budidaya cabeRasa cabe yang pedas sangat disukai sebagian besar masyarakat. Biasanya cabe digunakan untuk campuran membuat sambal tomat, membuat sambal kecap, membuat sambal sate dan bahkan untuk penambahan umbu dalam sayur sop. Cabe banyak disukai masyarakat karena dapat meningkatkan selera makan. Anda dapat melakukan budidaya cabe rawit karena mempunyai prospek yang cerah. Jika Anda tahu cara membudidayakan tanaman ini, Anda sebaiknya segera lakukan sebagai hobi maupun bisnis, karena hasilnya cukup menguntungkan. Jika Anda ingin budidaya tanaman cabe, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, salah satunya adalah mengenai media untuk penanaman cabe. Anda dapat menanam cabe di tanah maupun polybag atau pot.

Mudah Membuat Media Budidaya Cabe Rawit

Anda dapat membuat media tanaman cabe terlebih dahulu untuk melakukan budidaya cabe rawit. Disaat Anda membuat media untuk penanaman cabe, Anda dapat merendam biji benih pada larutan POC. Fungsi perendaman biji benih tersebut antara lain untuk memudahkan pertumbuhan tanaman cabe. Anda dapat membuat media penanaman cabe diatas baki atau di atas lahan kosong seluas yang dibutuhkan. Kemudian pertama-tama campur tanah dengan kompos dan aduk hingga rata agar butiran tanah sehalus mungkin. Tanah diayak sampai halus agar perakaran pada bibit cabe dapat berkembang dengan baik. Kemudian Anda dapat membuat petakan dengan ketebalan 5-10 cm dan dibuat larikan diatasnya dengan jarak antar lubang adalah 10 cm.

Jika pembuatan media sudah selesai, Anda dapat memasukkan benih cabe yang telah direndam larutan POC ke dalam larikan. Antar larikan diberi jarak 7,5 cm. Kemudian tutup benih dengan menggunakan tanah tipis. Sebelumnya biji benih direndam pada larutan POC NASA semalaman. Larutan yang digunakan yaitu 0,5 sampai 1 tutup POC NASA dan 1 liter air hangat. Setelah benih ditanam, kemudian siram tanaman cabai dengan air secara perlahan, sedikit demi sedikit untuk membasahi petakan saja. Setelah itu tutup larikan dengan karung goni basah selanjutnya diamkan selama 3 sampai 4 hari. Itulah salah satu tahap dalam budidaya cabe rawit, semoga bermanfaat.

Related posts: