Lakukan Ini Untuk Mengatasi Hipotensi

Pernahkah Anda merasa pusing ketika berdiri dari duduk? Atau pernahkah Anda merasa pusing, mata berkunang-kunang dan jatuh pingsan? Banyak orang mengatakan bahwa hal tersebut terjadi karena kita belum sarapan atau makan seharian. Sebenarnya hal tersebut terjadi ketika otak tidak mendapat asupan darah yang cukup sehingga kepala terasa pening dan pandangan berkunang-kunang. Hal tersebut bisa jadi merupakan salah satu tanda gejala tekanan darah rendah atau hipotensi. Ketika darah mengalir lewat arteri, darah memberikan tekanan pada dinding arteri, tekanan tersebut dikenal sebagai kekuatan aliran darah atau biasa dikenal dengan tekanan darah. Tekanan darah rendah atau hipotensi merupakan keadaan di mana ketika seseorang memiliki tekanan darah di bawah 90/60.

Tanda-Tanda Gejala Tekanan Darah Rendah

  • Pusing
  • Tubuh terasa tidak stabil
  • Lemas
  • Telinga mendengung
  • Pingsan

Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Tekanan darah memang selalu berubah-ubah tergantung dari kondisi tubuh dan kegiatan yang kita lakukan. Hipotensi dapat terjadi pada siapa saja dan tak jarang penderitanya tidak merasakan gejala diatas. Untuk menghindari dan mengatasi tekanan darah rendah, kita dapat melakukan hal di bawah.

 

  1. Olahraga Teratur

Kita pasti tahu bahwa olahraga teratur adalah salah satu kunci mendapatkan pola hidup sehat. Dengan berolahraga secara teratur, kita dapat menghindari banyak penyakit, salah satunya tekanan darah renda. Berolahraga dapat membantu memperlancar aliran darah dan hal ini sangat diperlukan untuk mengatasi darah rendah.

 

  1. Banyak minum air putih

Biasakan minum 8 gelas air putih per hari karena air putih terbukti sangat ampuh mengatasi berbagai macam penyakit, salah satunya hipotensi.

 

  1. Mengonsumsi banyak lemak nabati dan garam

Lemak nabati dan garam beryodium sangat dianjurkan bagi mereka yang menderita hipotensi karena lemak nabati mudah dicerna oleh tubuh dibandingkan dengan lemak hewani. Lemak nabati banyak ditemukan pada kacang-kacangan dan gandum. Sedangkan garam merupakan salah satu zat alami yang dapat menambah laju produksi sel darah merah dan sangat membantu untuk menaikkan tekanan darah.