Faktor Risiko Influenza

Influenza adalah salah satu penyakit yang identik dengan musim hujan, udara dingin, maupun periode peralihan musim atau paceklik. Pada nyatanya penyakit influenza juga sering menghampiri kita pada musim apa pun. Penyakit influenza disebabkan oleh virus yang masuk ke dalam tubuh. Influenza berat dialami ketika sistem imun tubuh berada dalam kondisi yang tidak baik. Penyakit influenza memang bukan penyakit yang berbahaya. Namun, jika keadaan dibiarkan justru bertambah parah dan mengganggu aktivitas. Seseorang jika terkena influenza lebih memilih untuk izin kerja atau tidak masuk sekolah karena membutuhkan istirahat yang cukup. Selain itu, Anda juga dapat menularkan virus influenza ke orang lain dengan mudah.

Hal-Hal Yang Menyebabkan Terjangkit Influenza

Seperti kata pepatah sedia payung sebelum hujan, mencegah penyakit juga lebih baik daripada mengobati. Untuk mencegah influenza kita harus mengetahui penyebabnya. Penyebabnya adalah virus influenza yang berada di sekitar kita. Berikut ini adalah beberapa faktor yang memungkinkan kita terjangkit penyakit influenza:

  1. Jarang ganti sprei

Sprei yang kotor dan jarang diganti sangat memungkinkan berkembangnya viruz influenza. Oleh karena itu, gantilah sprei Anda maksimal 2 minggu sekali untuk mencegah perkembangan virus.

  1. Menggunakan sendal atau sepatu dalam rumah

Menggunakan sendal dalam rumah sering dilakukan dengan alasan lantai yang dingin. Namun sandal yang Anda digunakan dalam rumah memungkinkan terdapat virus influenza yang menempel. Terlebih lagi jika Anda memiliki anak kecil, sandal dalam rumah bisa dimainkan oleh anak kemudian kotoran pada sandal bisa menempel pada tangan anak dan tertelan secara tidak sengaja.

  1. Kelelahan

Aktivitas yang padat dapat memungkinkan Anda terjangkit penyakit influenza. Karena virus influenza dapat dengan mudah menyerang tubuh yang tidak fit atau sistem kekebalannya rendah.

  1. Kurang suplemen dan vitamin

Kurang konsumsi buah yang mengandung vitamin dapat membuat Anda terserang influenza. Terlebih lagi jika aktivitas yang Anda yang padat tidak diimbangi dengan konsumsi suplemen dan vitamin, daya tahan tubuh Anda dapat menurun dan mudah terserang berbagai penyakit.