Dua Jenis Antibiotik Berdasarkan Cara Kerja

Antibiotik merupakan salah satu dari banyaknya obat yang diberikan kepada pasien oleh dokter, apoteker atau juga ahli medis. Obat antibiotik ini mempunyai fungsi pengobatan yang dapat mencegah infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Penicilin merupakan nama obat antibiotik yang pertama. Antibiotik itu sendiri pertama kali diproduksi oleh peneliti yang sangat terkenal yaitu peneliti yang bernama Alexander Fleming, sejak tahun 1928 beliau pertama kali membuat penicilin. Lalu semenjak itu, penggunaan obat antibiotik sebagai obat untuk penyakit infeksi karena berbagai macam bakteri. Tetapi untuk mengatasi infeksi yang disebabkan oleh virus atau parasit, maka obat antibiotik ini tidak bisa digunakan.

Cara Kerja Obat Antibiotik Dalam Proses Menghancurkan Bakteri

Pada umumnya, obat antibiotik ini mempunyai fungsi menekan pertumbuh kembangan bakteri yang dapat menginfeksi tubuh manusia. Tapi, obat antibiotik sebenarnya terbagi menjadi 2 kategori jika melihat dari cara kerjanya:

  1. Obat antibiotik yang mempunyai sifat membunuh bakteri, atau biasa disebut juga dengan bactericidal. Banyak nama obat antibiotik pada kategori ini. Fungsi obat antibiotik ini biasanya dapat merusak secara bertahap semua bakteri yang menginfeksi tubuh manusia. Cara kerja obat antibiotik ini dengan menghancurkan atau melenyapkan dinding sel dari bakteri tertentu, hingga bakteri penginfeksi tersebut lenyap atau mati. Obat antibiotik jenis Penicillin merupakan jenis obat antibiotik yang fungsinya bactericidal.
  2. Obat antibiotik yang fungsinya menghentikan tumbuh kembangnya bakteri atau biasa disebut juga bacterostatic. Saat obat antibiotik ini berhasil menekan tumbuh dan kembangnya bakteri, bakteri tersebut hanya berjumlah sama, atau tidak bertambah. Maka dari itu, sistem pada kekebalan tubuh kita bisa mengatasi bakteri secara langsung tanpa harus khawatir sistem kekebalan tubuh akan kalah atau tidak berdaya menghadapi bakteri penginfeksi.

Klasifikasi dari obat antibiotik bisa juga dilakukan dengan pengelompokan berdasar kemampuan perlawanan terhadap jenis-jenis bakteri yaitu antara lain:

  1. Obat antibiotik dengan spektrum yang luas. Obat antibiotik ini bisa menghancurkan hampir semua jenis dari bakteri yang bisa menginfeksi tubuh manusia. Contohnya yaitu seperti gentamicin dan amoxicillin
  2. Obat antibiotik dengan spektrum yang sempit. Obat antibiotik ini hanya bisa melakukan perlawanan terhadap beberapa bakteri. Contoh nama obat antibiotik ini yaitu penicillin.