Dampak Makanan Pedas Untuk Kesehatan

tips kesehatan

tips kesehatanBagi orang Indonesia makan jika tidak berasa pedas seakan tidak makan. Masyarakat Indonesia menyukai rasa pedas apalagi pada daerah Sumatra yang memiliki cita rasa masakan yang pedas. Sebenarnya cabai sangat bermanfaat bagi tubuh karena memiliki kandungan vitamin C yang cukup banyak melebihi jeruk. Sehingga sangat baik untuk memperlancar sistem pencernaan dan juga menyehatkan jantung karena memiliki kandungan vitamin A, B, C dan E. Namun jika dikonsumsi secara berlebih tentunya akan berbahaya bagi kesehatan tubuh. Karena memang apapun yang di konsumsi secara berlebihan akan menjadi tidak bermanfaat bahkan cenderung merugikan.

Makanan pedas membuat kulit menjadi berminyak sehingga akan menimbulkan jerawat. Dan yang pasti dengan mengonsumsi pedas secara berlebihan akan memicu meningkatnya asam lambung dan terjadilah maag. Selain itu dapat menyebabkan iritasi pada dinding lambung sehingga rentan terhadap infeksi. Jika Anda mengonsumsi di malam hari maka akan menimbulkan insomnia. Sebab ketika makan pedas maka suhu tubuh akan naik dan menyebabkan Anda sulit tidur. Makanan pedas juga dapat menyebabkan kurangnya nafsu makan, memang hanya sebagian orang akan mengalami hal tersebut. Hal inilah yang menyebabkan Anda jadi kurus. Selain itu jika Anda mengonsumsi pedas secara terus menerus dapat melemahkan fungsi lidah untuk mengenali rasa makanan. Sariawan juga dapat terjadi jika Anda mengonsumsi pedas. Sebab dinding mulut akan mengalami iritasi dan luka.

Selain dampak buruknya ada juga dampak positifnya ketika Anda mengonsumsi pedas seperti mengurangi peradangan sendi karena senyawa turmericnya. Kemudian senyawa capsaicinnya yang mampu mengurangi kadar neurotransmitter akan sinyal rasa sakit. Makanan pedas juga mampu meningkatkan kesehatan jantung dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk dapat melarutkan kebekuan darah. Sel kanker juga dapat dicegah karena kandungan capsaicinnya. Kandungan potasium dan magnesium serta zat besinya mampu melancarkan peredaran darah dan mengontrol tekanan darah. Oleh karena itulah jika Anda mengonsumsi makanan yang pedas tidak secara berlebihan karena yang berlebihan itu tidak baik. Demikian kiranya informasi tentang plus minum makanan pedas bagi tubuh. Semoga bermanfaat.

Related posts: