Cepat Mengantuk Saat Berpuasa

tips kesehatan

tips kesehatanPada umumnya, ada dua hal yang dirasakan orang yang berpuasa yaitu lapar dan kantuk. Keduanya saling berhubungan karena ketika rasa lapar melanda, maka tubuh menjadi terasa mengantuk. Namun, tahukah kamu bahwa rasa kantuk yang dirasakan ketika siang hari ada kaitannya dengan asupan makan saat sahur dan berbuka. Faktor utama yang menjadi alasan kenapa sering mengantuk adalah asupan karbohidrat yang berlebihan seperti nasi dan gula. Meskipun karbohidrat sederhana dapat meningkatkan energi, tapi bisa menurunkannya dengan cepat pula. Akibatnya tubuh menjadi cepat lemas dan mengantuk.

Alasan Kenapa Cepat Mengantuk Saat Puasa

Bagi mereka yang berprofesi sebagai karyawan, pengajar, pelajar atau mahasiswa. Rasa kantuk justru memperhambat aktivitas sehari-hari yang berakibat dapat mengganggu konsentrasi karena tubuh terasa lemas, mengantuk, dan cepat lapar. Lantas pola makan seperti apa yang tepat untuk santap sahur dan berbuka? Yaitu dengan melakukan metode Food Combaining (CF). Food Combaining merupakan istilah pendekatan gizi dengan cara mengatur makanan yang diselaraskan dengan pola metabolisme tubuh manusia. Yang terdiri dari waktu pembuangan mulai pukul 4 pagi sampai pukul 12 siang, waktu pencernaan mulai pukul 12 siang sampai pukul 8 malam, terakhir waktu penyerapan dan asimilasi mulai pukul 8 malam sampai pukul 4 pagi. Dalam metode Food Combaining sebaiknya hindari mencampur makanan kaya karbohidrat dan makanan kaya protein hewani dalam satu menu karena dapat membingungkan lambung. Kedua jenis makanan tersebut memiliki sifat keasaman yang berbeda. Juga hindari minum-minuman seperti teh, kopi dan soda.

Dalam Food Combaining, menu sahur dan berbuka yang dianjurkan adalah dengan mengonsumsi eksklusif buah (hanya mengonsumsi buah dan air putih saja) atau sahur dengan buah dan air putih yang dilanjutkan dengan menu karbohidrat atau protein. Seperti nasi, sayur beserta lauknya dengan catatan bukan lauk dari sumber hewani. Menurut penuturan beberapa orang yang melakukan Food Combaining selama puasa sangat efektif untuk menghindari rasa lemas dan kantuk. Untuk urusan lapar, itu adalah hal lumrah yang dirasakan selama puasa. Karena sejatinya berpuasa adalah menahan nafsu, tidak hanya di siang hari tapi juga di malam hari.

Related posts: