Benarkah Gloomy Sunday Adalah Lagu Kematian?

Gloomy Sunday

Gloomy SundayGloomy Sunday, sebuah lagu sedih yang selalu diidentikkan oleh masyarakat dunia sebagai lagu kematian. Lagu ini dipopulerkan oleh penyanyi jazz wanita Billie Holiday dan sangat booming di tahun 40-an. Lagu ini dalam kisah awal sebenarnya adalah tentang kekecewaan dan kesedihan seseorang atas kehancuran yang diakibatkan peperangan yang diciptakan pertama kali oleh seorang penyair dan musisi asal Hongaria bernama Rezso Seress tahun 1930 dimana pada saat itu perang sedang berkecamuk di negara tersebut. Awal mulanya lagu ini berjudul (yang apabila diartikan dalam bahasa Indonesia) Dunia Sedang Berakhir. Namun oleh seorang penulis puisi bernama Laszlo Javor pada tahun 1935 liriknya diubah dan ditulis ulang menurut versinya sendiri.

Apa Itu Gloomy Sunday? Mengapa Disebut Lagu Kematian?

Gloomy Sunday adalah sebuah judul lagu yang berarti Minggu Yang Suram atau Minggu Kelabu dimana lagu yang termuat dalam judul tersebut bergenre lagu sedih yang berisi curahan hati sang penyanyi yang telah patah hati dan putus asa karena ditinggal pergi oleh kekasihnya. Disebut sebagai lagu kematian karena konon lagu ini seperti merasuki pendengarnya bahwa langkah tepat untuk mendapatkan kedamaian dan keberkatan adalah dengan mengakhiri hidup. Pendengar secara mistis dibuat ikut merasakan kesedihan lagu yang menyayat hati, sehingga semakin lama mendengarnya semakin meningkatkan hasratnya untuk menuju kedamaian tersebut dengan mengakhiri hidupnya. Walaupun dalam lirik lagu ini tidak dijelaskan bagaimana sang kekasih meninggalkannya, namun nyatanya lagu ini telah mempengaruhi pendengarnya menjadi lebih sensitif dan emosional.

Entah itu ada hubungannya dengan mistis ataukah hanya sugesti pendengar, nyatanya banyak kisah menyedihkan yang terjadi akibat hitsnya lagu ini. Malah lebih terdengar menyeramkan apabila dikisahkan kembali dalam plot misteri. Kasus-kasus bunuh diri tiba-tiba merebak di Hongaria, Inggris, dan Amerika Serikat. Meskipun tidak pernah terbukti memiliki keterkaitannya secara langsung, namun tidak lama setelah lagu Gloomy Sunday versi Laszlo Javor meledak dan digemari banyak orang, tiba-tiba bermunculan kasus bunuh diri dimana-mana secara beruntun. Itulah mengapa lagu ini akhirnya diboikot dan dilarang diputar.

Related posts: