Basmi Cacingan Pada Anak

Masa kanak-kanak adalah masa dimana seorang anak lebih banyak memiliki waktu bermain. Mereka sangat senang sekali menghabiskan waktu bersama teman-temannya untuk memainkan hal apa pun. Keadaan ini adalah hal yang wajar untuk pertumbuhan seorang anak. Selain itu, bermain dengan teman sebaya juga mampu melatih anak untuk bersosialisasi dengan baik. Sehingga perkembangan anak juga tidak terganggu. Berbicara tentang anak ketika bermain, hal yang perlu diperhatikan adalah kebersihan. Anak-anak cenderung bermain dengan hal-hal yang kotor seperti bermain tanah dan air. Benda-benda mainan anak juga dapat dipastikan mengandung debu dan kotoran. Anak yang masih di bawah umur, tentu tidak memperdulikan apakah benda yang dipegangnya adalah benda kotor atau bersih. Keadaan seperti ini sangat memungkinkan berbagai bakteri masuk ke dalam tubuh anak. Salah satu penyakit yang sering dijumpai pada anak adalah cacingan.

Buah mampu atasi cacingan

Cacingan disebabkan karena parasit cacing masuk ke dalam tubuh anak melalui mulut baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Terlebih lagi jika anak Anda sering bermain tanah, telur cacing dapat tertelan secara tidak sengaja melalui tangan anak yang kotor. Cacingan menyebabkan anak tidak mau makan, tubuh lesu dan lemah, tidak bersemangat, bahkan bisa menurunkan kecerdasan anak. Untuk mengatasi kecacingan, Anda bisa memberikan obat cacing. Ada beberapa buah yang bisa mengatasi kecacingan pada anak, yaitu sebagai berikut:

  1. Bawang putih, bawang bombay dan kelapa

Ketiga bahan makanan ini jika dikombinasikan bisa meningkatkan aktivitas antiprotozoal dalam organ pencernaan. Sehingga, mengonsumsi makanan ini dapat mengurangi komplikasi yang disebabkan cacingan.

  1. Pisang

Buah pisang dikenal sebagai buah yang mampu melancarkan pencernaan. Buah ini juga cukup efektif untuk melawan infeksi karena cacingan.

  1. Pepaya dan nanas

Kandungan kedua buah ini ternyata memiliki kemampuan enzim pencernaan yang tinggi. Mengonsumsi pepaya dapat membuat pergerakan usus menjadi lancar dan mengurangi efek samping yang timbul dari penyakit cacingan.

  1. Bit dan delima

Kandungan antioksidan pada buah ini mampu membersihkan racun dalam tubuh dan menurunkan infeksi bakteri.