Bahaya Kadar Air Putih Bagi Tubuh

tips kesehatan

tips kesehatanKebutuhan pokok manusia salah satunya adalah makanan dan minuman yang sangat dibutuhkan untuk kelangsungan hidup. Meminum air putih bagi tubuh merupakan hal yang sangat diperlukan untuk tubuh, mengingat 60% tubuh manusia terdiri dari cairan. Air putih mengandung cairan elektrolit yang sangat bermanfaat bagi tubuh yaitu untuk menyegarkan tubuh, mengeluarkan racun dalam tubuh, memperlancar sistem pencernaan, keseimbangan cairan tubuh dan yang lainnya. Sudah banyak yang mengetahui bahwa dianjurkan meminum air putih 8 gelas dalam sehari. Tetapi apakah Anda tahu kekurangan cairan sangat berbahaya bagi tubuh seperti dapat menyebabkan dehidrasi yang berlebihan dan menyebabkan kematian, banyak kasus seperti diare yang menyebabkan dehidrasi dan meninggal. Tidak hanya kekurangan air putih saja yang menyebabkan bahaya bagi tubuh, namun mengonsumsi air putih yang berlebihan juga memberikan pengaruh negatif terhadap tubuh Anda.

Pengaruh Kekurangan Dan Kelebihan Konsumsi Air Putih Bagi Kesehatan

Kekurangan cairan dapat berpengaruh sangat banyak untuk kesehatan tubuh, yang pertama adalah dehidrasi yang fatal. Hal ini menyebabkan cairan pada otak menurun sehingga aliran oksigen ke otak akan terhambat atau berkurang dan sel-sel otak mengalami kematian atau tidak aktif. Kedua yaitu dapat menyebabkan infeksi pada kandung kemih, yang ditandai dengan meningkatnya suhu badan, nyeri saat buang air kecil dan terdapat darah pada urine. Yang ketiga adalah mempengaruhi kesehatan ginjal, kerja ginjal akan terganggu karena kekurangan cairan dimana fungsi cairan ini melunakkan bahan yang sulit terekskresi yang menyebabkan batu ginjal. Bahaya kekurangan air putih yang terakhir adalah menyebabkan kulit menjadi kusam, dikarenakan aliran darah yang tidak maksimal. Hal ini pasti sangat mengganggu kesehatan tubuh, sehingga disarankan minum air putih minimal 8 gelas dalam sehari.

Kelebihan dalam mengonsumsi air putih juga dapat menyebabkan beberapa dampak negatif untuk tubuh. Pertama adalah dapat mengganggu peredaran darah, karena terlalu banyak cairan dapat mempengaruhi kekentalan darah dan mengganggu peredaran darah ke seluruh tubuh. Kedua yaitu menyebabkan pembengkakan pada sel tubuh, yang menyebabkan penurunan kadar sodium. Selanjutnya adalah menyebabkan pingsan, dengan adanya pembengkakan sel dapat berakibat tubuh menjadi kejang bahkan koma. Untuk resiko paling buruk adalah kematian karena sel yang membengkak terutama pada sel otak dan membuat sel otak pecah. Kekurangan dan kelebihan asupan cairan atau air putih bagi tubuh mempunyai efek yang kurang baik untuk tubuh Anda sehingga perlu dikontrol untuk menjaga kesehatan.

Related posts: