Aktivitas Arung Jeram Pangalengan

arung jeram bandung

arung jeram bandungArung jeram adalah aktivitas yang cukup menyenangkan dan dapat memacu adrenalin Anda. melakukannya Anda akan mendapatkan 3 manfaat sekaligus yaitu olahraga, rekreasi dan juga petualangan. Sehingga sangat bermanfaat bagi Anda bukan? Karena itulah tidak ada salahnya untuk mengikuti kegiatan arung jeram Pangalengan yang sudah dilakukan oleh banyak orang. Baik secara berkelompok ataupun turut serta dalam paket liburan arung jeram. Arung jeram biasanya dilakukan pada sungai yang berarus deras sehingga sering disebut dengan olahraga arus deras (ORAD). Sehingga akan cocok jika dilakukan pada saat musim penghujan sebab debit air akan meningkat dan mengisi sungai dengan arusnya yang deras menyusuri sungai yang berliku dan berbatu dan tentunya terdapat jalur yang turun jatuh seperti tebing air terjun.

Tentang Arung Jeram Pangalengan Di Indonesia

Aktivitas arung jeram di Indonesia sendiri dimulai sejak tahun 70an oleh sekelompok pencinta alam dari kota Bandung. Kemudian diawali dengan kegiatan Citarum Rally pada tahun 1975. Sejak saat itulah olahraga alam bebas ini mulai dikenal oleh para pencinta alam lainnya yang kemudian diperkenalkan pada masyarakat luas dengan membuka berbagai kegiatan arung jeram. Salah satunya adalah arung jeram Pangalengan yang juga ramai dikunjungi oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Namun tentunya mereka yang muda dan berjiwa muda serta memiliki nyali yang cukup besar. Akan tetapi olahraga ini sangat tertutup bagi mereka yang memiliki penyakit jantung dan tidak memiliki keberanian untuk mengarungi arus sungai yang deras tersebut.

Untuk mengarungi sungai yang memiliki arus deras memang memiliki resiko yang tinggi karena itulah harus memiliki nyali yang tinggi pula untuk menaklukkannya. Untuk mengarunginya Anda harus memiliki kelengkapan keamanan khusus seperti pelampung dan juga helm. Mengarungi sungai dengan menggunakan perahu karet dan dayung. Setiap sisi perahu dikaitkan tali sebagai pegangan para rafting. Begitu juga ketika melakukan arung jeram Pangalengan yang memiliki arus yang cukup deras. Semua perlengkapan keselamatan yang digunakan juga sama sehingga dapat meminimalisir kecelakaan dan cedera.

Related posts: